PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Bakal calon Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, diklaim paling unggul dalam pusaran survey internal Partai Demokrat. Pernyataan itu disampaikan Imam Fauzi, Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Jatim, saat menggelar konferensi pers hasil temuan dan analisis survei pilkada Kabupaten Pacitan, Senin (10/2).

Menurut Imam, ada beberapa hal yang memengaruhi keponakan Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini unggul disetiap tahapan survei. Yang pertama, Indrata Nur Bayu Aji memiliki tingkat kesukaan paling tinggi. Selain itu, ia juga punya atribut atau alat peraga sosialisasi paling banyak. Aji-begitu Indrata Nur Bayu Aji-karib disapa, paling banyak mendatangi dan memberikan bantuan kepada masyarakat. “Indrata dinilai oleh masyarakat sebagai calon bupati yang paling Demokrat,” timpal Fadhli Fakhri Fauzan, peneliti LSI lainnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, selama ini Pacitan menjadi sebuah ketertarikan tersendiri bagi lembaga survei. Sebab selama ini, Pacitan sangat identik dengan Partai Demokrat. Hal itu terbukti, disepanjang pelaksanaan pemilu pasca reformasi, perolehan kursi Demokrat di DPRD Pacitan paling banyak. “Pacitan adalah Demokrat, Demokrat adalah Pacitan. Itu yang manjadi dasar kami melakukan penelitian. Sebab, Pacitan jadi satu-satunya basis Demokrat,” bebernya lagi.

Dari alasan itulah, LSI melakukan kajian ilmiah dan survey dengan metode sampling multistage random sampling. Dengan responden awal 440 responden. Kemudian wawancara tatap muka quesioner dan margin error 4,8 persen. ” “Setiap tahapan diacak dengan menggunakan rumus statistika. Dan hasilnya, Indrata Nur Bayu Aji memang paling unggul diinternal Demokrat. Hal ini didasarkan pada kajian ilmiah dan sangat kredibilitas. Kami bisa dipertanggungjawabkan dari sisi etis dan akademis. Terbukti dari hasil quick count, kita hanya selisih 0,00 persen. Terbukti di pilkada 2010 di Sumbawa,” jelasnya.

Namun begitu, karena survei ini dilaksanakan pada interval waktu 12-20 Januari 2020, dinamika sangat dominan terjadi. “Swing voter memang masih lebih mendominasi. Sebab data yang ada masih menunjukkan angka dikisaran 70 persen lebih,” jlentrehnya.

Sementara itu dapat dilaporkan, bahwa hasil survei yang telah dilaksanakan tersebut, diperoleh informasi Indrata Nur Bayu Aji masih bertengger di 17,7 persen. Kemudian disusul Yudi Sumbogo dengan 5,9 persen, Ronny Wahyono 5,5 persen, Luki Tri Baskorowati 1,4 persen dan Sudidjono Sastroatmodjo sebesar 1,1 persen. “Dari hasil tersebut, swing voter masih mencapai 68,4 persen,” pungkasnya. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here