PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Hujan sekitar satu jam membuat sejumlah ruas jalan di Ponorogo mengalami banjir, Kamis (27/2). Diantaranya seperti terlihat di Jalan Kumbokarno, Ramawijaya dan Kamajaya. Selain jalan, banjir juga merendam sejumlah rumah warga.

Joko Nurcahyo, salah satu warga mengatakan, hujan satu jam sudah menyebabkan banjir disekitar jalan Kumbokarno, Kamajaya dan Ramawijaya. Ketinggian air mencapai lebih 30 centimeter. “Banjir disini terjadi sudah cukup lama. Harusnya ada normalisasi saluran air di jalan Kumbokarno dibagian timur dan barat. Akibatnya belum ada normalisasi, membuat saluran air tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluber ke jalan dan rumah warga,”terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ponorogo, Jamus Kunto Purnomo dihubungi terpisah mengatakan, penyebab banjir diwilayah Jalan Kumbokarno dan sekitarnya karena hujan yang luar biasa deras. Selokan yang ada, harusnya mampu menampung air hujan, tapi ternyata penuh dengan sedimen. “Selain itu jalan masuk air ke selokan tertutup karena didepan rumah warga banyak yang diplester, disemen,”lanjutnya.

Ia juga mengatakan, pembuangan air di bagian selatan dan barat yang melewati jalan Ramawijaya dan Kamajaya itu diatasnya banyak didirikan bangunan, sehingga sulit untuk dinormalisasi. “Kita sudah punya rencana untuk normalisasi drainase diwilayah itu, cuman harus bongkar bangunan disana. Saat ini kita sudah merajut komunikasi dengan pihak kelurahan Surodikraman dan Purbosuman untuk sosialisasi ke warga guna membongkar bangunan yang mempersulit normalisasi. Jika sudah dilakukan, silahkan menggunakan lahan asal tidak mengurangi luas penampang saluran,”pungkasnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here