Hujan deras wilayah kecamatan Balong dan sekitarnya Minggu siang (1/3) membuat sungai yang melintasi kecamatan wilayah tersebut debit airnya meningkat.

Akibatnya sejumlah wilayah sempat tergenang banjir, terutama daerah dekat aliran sungai. Tim regu patroli dan regu jaga Polsek Balongpun siaga untuk pantau sungai sungai yang ada di kecamatan Balong.

Dibantu BPBD kabupaten Ponorogo,p ok polisi mengkontrol debit air di sungai Muneng yang airnya meluber di jalan serta pekarangan warga. Hal itu disebabkan tanggul kurang tinggi, beruntung luberan air tidak berlangsung lama sehingga cepat surut. “Diharapkan wilayah selatan hujannya tidak turun lagi sehingga airnya tidak meluber lagi,” terang Bripka Fatkan yang juga Bhabinkamtibmas desa Muneng saat bersama BPBD kabupaten Pororogo.

Kapolsek Balong AKP Hariyanto yang juga melaksanakan kontrol debit air di sungai Muneng, menyampaikan bahwa untuk warga sekitar sungai Muneng untuk berhati hati dan waspada bilamana wilayah selatan hujan yang cukup lama yang akan mengakibatkan banjir. “Kami sarankan untuk tanggul, segera di tinggikan biar saat banjir yang besar tidak akan meluber. Kepada warga, bilamana banjir jangan beraktifitas di sekitar sungai atau di atas jembatan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,”tambahnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here