PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Abrasi di bantaran Sungai Grindulu, tepatnya di Dusun Ngawen, Desa Semanten, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, kian meluas. Bahkan semalam, akibat diguyur hujan deras debit air sungai mulai meluap dan kembali menggerus tebing pengaman sepanjang tiga meter lebih.

Kepala Desa Semanten, Muhammad Sarifudin Hidayat mengatakan, sejak semalam warga yang bermukim diseputaran bantaran kali mulai bersiap-siap mengungsi. “Kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itu kami mengimbau warga untuk waspada dan bersiap mengungsi,” ujarnya, Selasa (3/3).

Ipud, begitu kades berbasis ASN ini akrab disapa mengatakan, direncakan Rabu (4/3) besok, Bupati Pacitan Indartato akan meninjau lokasi bencana tersebut. “Ini tadi sudah ada koordinasi dari protokoler dan juga Satpol-PP serta camat. Direncanakan, besok Pak Bupati hendak meninjau lokasi bencana tersebut,” jelas Ipud.

Terpisah, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, membenarkan adanya abrasi yang semakin melebar di bantaran sungai Dusun Ngawen Desa Semanten tersebut. Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada. “Semalam kami terjun ke lokasi. Kami imbau masyarakat bisa memitigasi secara pribadi. Dan tetap kami imbau selalu waspada,” tandas Didik yang saat itu masih berada di Kecamatan Bandar, dalam rangka meninjau bencana alam.

Sementara itu, jumlah warga terdampak abrasi sungai Dusun Ngawen Desa Semanten, tercatat sebanyak 25 kepala keluarga. Selain itu satu fasilitas umum berupa puskesmas pembantu juga terancam hanyut, seandainya terjadi banjir susulan. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here