PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Usai melakukan inspeksi mendadak disejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), Bupati Pacitan Indartato, langsung meninjau kawasan terdampak bencana di Desa Gondang, Kecamatan Nawangan. Salah satunya di SDN Gondang I. Di kawasan sekolah dasar tersebut, satu talud pengaman ambrol diterjang longsor.

Kepala Dinas PUPR Pacitan, Edi Junan Achmadi, mengatakan, hasil dari tinjau lapangan bupati akan dijadikan dasar pembuatan nota dinas ke BPBD. “Nota dinas inilah yang akan dijadikan dasar untuk menentukan langkah selanjutnya terkait penanganan kedaruratan,” kata Junan, melalui ponselnya, Senin (9/3).

Junan juga belum bisa memastikan, terkait alokasi anggaran yang hendak dipergunakan dalam penanganan kedaruratan tersebut. Apakah dengan biaya tak terduga (BTT) atau bukan, masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut. “Begitupun nanti soal perencanaannya, kita masih menunggu hasil rapat koordinasi dengan BPBD,” jelas Junan.

Hal senada juga disampaikan, Daryono, kepala Dinas pendidikan. Ia menegaskan, saat ini prioritas penanganan ada di talud pengaman. Sebab kalau tidak segera di lakukan langkah kedaruratan, akan mengancam bangunan gedung ruang belajar. “Kita fokus penanganan talud, sebab kondisinya memang sangat menghawatirkan kalau tidak segera tertangani. Kami khawatir akan bisa mengancam bangunan gedung,” jelas Daryono.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo belum bisa dikonfirmasi. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here