Sel. Jan 19th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

KADINKES : Rokok Justru Banyak Mereduksi Kekebalan Tubuh

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Hendra Purwaka menegaskan, agar masyarakat tidak terkecoh adanya pemberitaan di jejaring media sosial, kalau merokok bisa resisten terserang coronavirus. Justru, lanjut dia, perokok akan semakin sulit disembuhkan seandainya mereka terinfeksi oleh virus dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

Menurut Hendra, tidak ada korelasinya antara merokok dengan serangan covid-19. Justru dengan merokok, radikal bebas yang dihasilkan dari asap tembakau akan banyak mereduksi kekebalan tubuh seseorang. “Perokok itu sejatinya banyak merugi, sebab anti body mereka akan banyak tereduksi akibat radiasi bebas dari asap tembakau yang mereka hisap setiap harinya. Sehingga seandainya mereka terinfeksi covid-19, akan semakin sulit penyembuhannya. Logika saya seperti itu,” jelas pria yang juga masih menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pacitan ini.

Karena itu, Hendra mengimbau masyarakat senantiasa mengedepankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Kalau bisa sedini mungkin, hindari tubuh kita dari radiasi asap rokok. Istirahat dan olahraga cukup serta pola makan yang sehat dengan gizi berimbang. Bagi mereka yang saat ini masih sebagai perokok aktif, kalau bisa segera dihentikan. Sebab kekebalan tubuh sejatinya akan semakin menurun dengan seringnya kita menghisap rokok,” jlentrehnya. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *