Ming. Jan 17th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Dinkes Pacitan Pastikan Ketersediaan Obat Cukup Hingga Tiga Bulan

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Dinas Kesehatan Pacitan, pastikan ketersediaan obat-obatan diseluruh puskesmas masih cukup untuk penanganan pasien hingga tiga bulan kedepan. Hal tersebut seperti disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, Ahad (15/3).

Menurut Hendra, normatifnya ketersediaan obat itu terhitung selama tiga bulan. “Kecuali pada kondisi tertentu atau darurat, baru pengadaan akan lebih dipercepat,” terangnya.

Sementara itu, terkait alokasi anggaran penanggulangan serangan coronavirus disease 2019 (covid-19), Hendra menyadari bila selama ini masih bersifat talangan. Seperti yang terjadi pada pasien dalam pengawasan (PDP) asal Dusun Beji, Desa Dadapan yang kemarin di rujuk ke RSUD dr Iskak, Tulungagung, semua dibiayai pemerintah. “Kami kan hanya penanganan observasi. Selebihnya akan diserahkan ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk,” jlentrehnya.

Namun begitu, kedepan pemkab tentu akan segera mengambil sikap kedaruratan terkait pengalokasian anggaran untuk penanggulangan covid-19. “Kita kan ada biaya tak terduga (BTT). Mungkin pos anggaran itu yang akan dipergunakan, sepanjang ada penetapan darurat. Lagian sistemnya nanti kan klaim. Semua ditanggung pemerintah pusat,” tutur Hendra. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *