PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Lagi-lagi telah terjadi tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standart dan atau persyaratan keamanan, khasiat dan mutu sebagaimana dimaksud dalam pasal 196 dan 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Pelaku, DIP (18), seorang pelajar SMA kelas XI yang juga warga kecamatan Ponorogo diduga telah mengedarkan Pil warna putih yang pada salah satu permukaan nya terdapat logo “LL”. Pil tersebut termasuk dalam obat daftar G atau obat keras label merah yang diedarkan secara bebas kepada warga masyarakat. “Pelaku diamankan di warung sekitar Paju, bersama barang bukti satu klip plastik berisi 7 butir Pil dobel L,”jelas Iptu Edi Sucipta, Kasubag Humas Polres Ponorogo, Rabu (18/3).

Dia juga mengatakan setelah dilakukan pengembangan dengan menggeledah dirumah pelaku, diamankan 12 klip kantong plastik yang disimpan dalam tas plastik kresek warna hitam masing masing klip berisi 40 butir Pil Dobel L berada di atas plafon kamar tidur pelaku. “Jadi jumlah total ada 487 butir yang disita dari pelaku. Selain itu juga diamankan satu buah HP OPPO warna ungu serta uang tunai sepuluh ribu rupaih. Tersangka akan dijerat dengan Pasal 196 dan 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan,”pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here