Rab. Jan 27th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

PLT Kadinkes : Pacitan Masih Negatif Covid-19

2 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, meminta agar masyarakat tidak panik, seiring menyebarnya data berkelanjutan terkait orang dalam resiko (ODR), ataupun orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pemantauan (PDP) coronavirus disease covid-19.

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, sampai detik ini di Pacitan belum ada warga masyarakat yang positif terinfeksi covid-19. “Kalau soal data, itu memang sebagai langkah antisipasi pemkab sedari dini. Agar ketika terjadi sesuatu hal terkait covid-19, bisa segera tertangani,” ujar Hendra disela-sela menggelar rapat koordinasi dengan gugus tugas penanganan coronavirus disease covid-19, Ahad (22/3).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengungkapkan, agar masyarakat jangan resah dengan data ODR yang jumlahnya mencapai ratusan orang tersebut. Sejatinya kalau ditinjau lebih jauh lagi, jumlahnya bisa mencapai ribuan orang. “Data itu sebagai langkah antisipasi awal. Jadi jangan panik, belum ada masyarakat di Pacitan yang positif terinfeksi covid-19,” jelas Hendra.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, ODR, itu orang yang diduga pernah bepergian dari daerah outbreak covid-19. Atau mereka yang pernah merantau sebagai tenaga kerja Indonesia atau tenaga kerja wanita ke luar negeri, lantas pulang ke Pacitan. “ODR itu orangnya sehat walafiat. Kecuali kalau mereka ada indikasi sakit flue kemudian ada masalah di paru-parunya, baru mereka itu masuk kategori ODP dan bisa dinaikkan menjadi PDP setelah melalui pemeriksaan epidemiologi,” jlentrehnya.

Terkait status siaga coronavirus, Hendra menjelaskan masih terus berlangsung sampai 31 Maret nanti. Apakah akan diperpanjang atau dinaikan statusnya, Hendra menegaskan masih menunggu instruksi dari pusat. “Kita tunggu instruksi pusat, soal status siaga akan diperpanjang atau dinaikan,” pungkasnya. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *