Jum. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Bencana Kekeringan Mengintai Didepan Mata

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Kabupaten Pacitan diprediksi bakal mengalami kemarau yang lebih kering dari tahun sebelumnya. Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo, mengimbau agar masyarakat sejak awal sudah mempersiapkan tata kelola air yang lebih efisien. Mengingat bencana kekeringan mengintai didepan mata.

Didik menjelaskan, sebagaimana rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarau tahun ini diprediksi bakal lebih panjang dan lebih kering. Apalagi di Pacitan dengan kondisi geografis bergunung, berbukit dan tanah kars yang kering dan retak-retak. “Untuk itu yang harus dipersiapkan dari sekarang, mengelola air secara efisien. Sebab pada musim kemarau biasa saja, Pacitan kerap dilanda bencana kekeringan,” jelas Didik.

Sekedar informasi, wilayah yang diprediksi akan mengalami kemarau lebih kering yaitu di sebagian Aceh, sebagian pesisir timur Sumatera Utara, sebagian Riau, Lampung bagian timur, Banten bagian selatan, sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah bagian tengah dan utara, sebagian Jawa Timur. Juga di Bali bagian timur, NTB bagian timur, sebagian kecil NTT, Kalimantan Timur bagian tenggara, sebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara bagian selatan, dan Maluku bagian barat dan tenggara.

Sementara sejumlah wilayah akan mengalami musim kemarau lebih awal yaitu di sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara, Jawa Barat bagian utara, Jawa Tengah bagian utara dan selatan. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *