Kam. Jan 28th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

PLT KADINKES PACITAN : Masyarakat Jangan Panik Kemunculan Hantavirus Di China

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Wabah coronavirus disease covid-19, dianggap sebagai mesin pembunuh massal. Karena itu, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada namun jangan terlampau panik.

Imbauan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, Rabu (24/3).

Menurut Hendra, belum usai kasus covid-19, saat ini masyarakat kembali dihantui hadirnya virus baru yang dikabarkan lebih ganas ketimbang coronavirus. Bahkan dalam hitungan jam, pasien yang terinfeksi virus ini, akan mati. Virus tersebut dinamai, Hantavirus.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, lanjut dokter yang akrab disapa Hendra ini, virus yang satu ini menyebar lewat tikus dan lebih mematikan dari Virus Corona COVID-19. “Orang yang terinfeksi akan mati dalam hitungan jam saja. Namun ini masih perlu konfirmasi lebih dalam lagi. Sebab belum sempat menyebar seperti covid-19,” ujarnya.

Hantaviruses ini di Amerika lebih dikenal dengan “dunia baru” Hantavirus. Virus ini dapat menyebabkan Hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Hantavirus yang lain dikenal dengan “dunia lama” Hantavirus yang kebanyakan di Eropa dan Asia. Virus yang ini menyebabkan Hemorrhagic fever dengan renal syndrome (HRFS).

Kemunculan Hantavirus ini membuat panik karena bersamaan dengan mewabahnya Virus Corona COVID-19 yang telah menginfeksi sebanyak 400 ribu orang lebih dan telah membunuh puluhan ribu orang di 160 negara.

Yang sedikit melegakan, meski daya membunuhnya lebih dasyat dari Virus Corona COVID-19 namun virus ini tak menular dari satu manusia ke manusia. Berbeda dengan COVID-19 yang dapat menular sehingga saat ini telah menyebar. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *