Rab. Jan 20th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Antisipasi Covid-19, Ribuan Santri Pondok Pesantren di Pulangkan

1 min read

PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Antisipasi penyebaran Covid-19, Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Ponorogo memulangkan sedikitnya empat ribu santriwan dan santriwatinya. Kepulangan tersebut, Senin kemarin menggunakan 80 armada bus yang telah disewa pihak pondok pesantren.

Pemulangan ini sengaja dilakukan oleh pihak pondok pesantren sesuai anjuran Pemerintah Pusat dan Kementerian Agama. Sebelum pulang, para santriwan dan santriwati dipastikan terlebih dahulu tidak terjangkit Covid-19. Termasuk penyemprotan desinfektan sebelum masuk bus. Sebelum pemulangan itu, dua Minggu yang lalu, pihak pondok pesantren telah menerapkan lock down. Dengan cara seluruh santri dikarantina tidak boleh keluar pondok, termasuk melarang wali murid atau tamu masuk pondok.

Andi Wahyu Ramadhan, salah satu santri mengatakan akan pulang ke madiun, oleh pondok memang disuruh pulang semua selama dua bulan. “Ini memang himbauan dari pondok kaya gitu, dua bulan full dirumah, setelah itu balik lagi ke pondok,”kata santri yang telah 6 tahun menempuh pendidikan itu.

Sementara itu Gus Abdul Adim, pengasuh Ponpes Darul Huda Mayak mengatakan, pihaknya mengikuti aturan pemerintah. Selama ini, antisipasi telah dilakukan oleh pihak ponpes, yakni lock down. “Pemulangan sebanyak empat ribu putra putri ini membutuhkan sekitar tiga hari, termasuk pengasuh dan ustadnya,”ujarnya.

Meski memulangkan seluruh santrinya selama dua bulan, pihak pondok pesantren tetap memberikan tugas belajar Dirumah dengan sistem on line.(Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *