PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Berbagai upaya dilakukan masyarakat Kabupaten Pacitan, untuk menangkal serangan coronavirus disease (covid-19). Bahkan kegiatan diluar logika, sempat mereka lakukan, semata-mata agar terhindar dari balak, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Kegiatan tolak balak tersebut seperti dilaksanakan oleh masyarakat di lingkungan RT 02/RW 02, Lingkungan Kanoman, Kelurahan Pacitan, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Mereka menggelar ritual, persis diperempatan tempat pemakaman umum (TPU) Giri Sampoerno.

Ritual yang dipimpin tokoh supranatural setempat, Mbah Rujuk, diyakini akan bisa menyingkirkan aral. termasuk wabah covid-19. Lain itu, mereka memilih persis diperempatan TPU Giri Sampoerno, lantaran di pemakaman tersebut merupakan tempat persemayaman Kyai Kandjeng Djimat, Adipati Pacitan, yang semasa hidupnya dikenal sakti mandra guna.

Menurut Budi, salah seorang warga, kegiatan ritual ini sebagai upaya menangkal balak, dan penyakit. “Usaha yang lain juga dilakukan. Diantaranya penyemprotan disinfektan ke perumahan penduduk,” ujarnya, disela-sela kegiatan ritual, Kamis (2/4).

Budi berharap, dengan ritual tolak balak tersebut, masyarakat berharap bisa terhindar dari segala mara bahaya, termasuk serangan coronavirus covid-19. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here