PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Pandemi global coronavirus disease (covid-19), membuat seluruh aktivitas birokrasi stagnasi. Bukan hanya itu, hampir semua sektor usaha juga mengalami hal serupa.

Termasuk kegiatan auditor reguler yang dilakukan Inspektorat juga mandeg, gegara wabah virus SARS-CoV-2 tersebut. Inspektur Inspektorat Kabupaten Pacitan, Budiyanto mengatakan, untuk sementara waktu kegiatan auditor, baik review ataupun reguler juga mandeg.

Sebab objek pemeriksaan, yakini seluruh perangkat daerah dan pemerintahan desa juga masih disibukan dengan penanganan coronavirus. “Ya akan kita jadwalkan ulang, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut terkait penanganan wabah covid-19 ini,” ujar Budiyanto, melalui ponselnya, Kamis (2/4).

Mantan Kepala Dinas PUPR ini mengungkapkan, sejatinya sebelum wabah covid-19 mengemuka, seluruh perangkat di Inspektorat sudah bergerak melakukan kegiatan pengawasan dan audit keuangan daerah maupun desa.

Sebagai mandatori pemerintah pusat, lanjut Budiyanto, awal kegiatan auditor lalu memang masih terfokus pada laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah (LPPD) serta pemerintahan desa. “Saat ini kita stagnan dulu, mengingat objek pemeriksaan juga tidak siap. Kita maklumi saat ini semua terfokus pada penanganan coronavirus. Kita akan bergerak setelah ada jadwal lebih lanjut, utamanya progres penanganan coronavirus nantinya,” jelas pejabat eselon IIb ini pada pewarta. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here