Jum. Mar 5th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Masyarakat Dihimbau Tak Panik, Seiring Satu Pasien Asal Puskesmas Gemaharjo Positif Covid-19

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Seiring bertambahnya pasien positif covid-19, yang berasal dari Puskesmas Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, memerintahkan kepada gugus tugas terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk lebih intensif lagi melakukan tracing.

Terutama masyarakat yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien tersebut. Selain itu, ia juga meminta agar seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan, untuk dilakukan tracing lebih fokus lagi.

Hal itu mengingat, salah satu ASN di lembaga vertikal tersebut, dinyatakan positif covid-19 hasil rapid tes kit (RTK). “Begitu ada pernyataan dari Bupati Ponorogo, ikhwal satu pasien positif covid-19, yang berasal dari Puskemas Gemaharjo, kami langsung koordinasikan dengan Dinas Kesehatan, untuk kembali melakukan tracing utamanya mereka yang tergolong ring satu (pernah kontak langsung sama pasien),” ujarnya, Ahad (5/4).

Dengan adanya pasien asal Pacitan yang dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-COV-2 tersebut, Rachmad Dwiyanto menyatakan, Pacitan dalam kondisi darurat. Untuk itu, ia meminta masyarakat lebih waspada dan lebih mengutamakan tetap tinggal dirumah. “Stay at home itu lebih baik, untuk menghindari penularan. Bahkan bila perlu dirumah pun harus memakai masker,” imbau dia.

Masih menurut Rachmad, ia mengimbau masyarakat tidak panik. Sebab saat ini seluruh satuan tugas telah melakukan tracing berkelanjutan. “Pendatang kami imbau juga bisa karantina mandiri selama 14 hari. Sebab saat ini wisma atlet juga sudah ada penambahan satu pasien PDP baru asal Bandar. Untuk itu mengingat kapasitas wisma atlet yang hanya 47 orang, kami harapkan pemerintah desa dan kelurahan lebih mengintensifkan ruang istirahat mandiri (RIM) utamanya bagi pendatang,” tandasnya. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *