PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Berbagai upaya dilakukan dalam pencegahan penyebaran Covid19 ini, baik oleh kebijakan-kebijakan pemerintah hingga aksi nyata dari masyarakat. Terbaru adalah pembentukan Posko Siaga Tanggap Covid19 di seluruh desa di kabupaten Ponorogo, tak terkecuali di wilayah Kecamatan Sawoo.

Posko siaga desa ini diawaki oleh Kepala Desa, Perangkat desa, Ketua BPD dan relawan dari warga di desa tersebut. Sementara Bidan Desa, Bhabinkamtibmas serta Babinsa menjadi Mitra Siaga Desa. Petugas posko standby 24 jam guna pelayanan dan monitoring terhadap ODR yang baru datang dari daerah luar desa.

“Kalau Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa adalah Mitra Posko. Ujung tombaknya Posko Desa ya kepala desa bersama perangkatnya dan para relawan, karena mereka mengawasi, mendata, meminta agar pendatang (ODR) isolasi atau karantina mandiri selama 14 hari. Selain itu, melaporkan keberadaan pendatang (ODR) yang datang didesanya. Kemudian memberitahu kami sebagai mitra apabila ada ODR yang butuh pemeriksaan secara medis”, ujar Kanit Binmas Polsek Sawoo Aiptu Subandi, Selasa (7/4).

Dari pantauan dilapangan hingga hari ini, seluruh desa telah melaksanakan pembuatan Posko Siaga Desa Covid19. Diantaranya adalah Posko utama dibalai desa, Pos Gerbang didusun dusun dan poskamling dilingkup RT atau RW. “Untuk personil relawan penjagaaan dimasing – masing Posko sudah berjalan dengan baik, hampir semua desa telah sampai ke tahap pembuatan Pos Gerbang Desa atau Poskamling”, tambahnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here