Rab. Mar 3rd, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Tahan Ijazah Karyawan, Skyport Cafe Bisa Terancam Pidana

2 min read

SURABAYA-JARRAKPOSJATIM-Sebuah restoran di Terminal 1 Bandar Udara Juanda Surabaya, Skyport Cafe telah menahan ijazah serta gaji karyawan yang sudah dipecatnya.

Sebut saja Dana pemilik restoran kecil ini, patut kiranya diberikan sanksi hukum yang tegas dikarenakan menahan hak milik orang lain, yaitu ijazah dan akta kelahiran.

Restoran yang seatap dengan CV. Lintika Multi Persada yang beralamat di Jalan Jatisari Besar 2 Nomor 19 ini, telah melakukan pelanggaran pidana berdasarkan Pasal 42 Perda Nomor 8 Tahun 2016 menyebutkan pengusaha dilarang menahan atau menyimpan dokumen asli yang sifatnya melekat pada pekerja sebagai jaminan. Dalam penjelasannya, dijelaskan bahwa dokumen asli yang dimaksud adalah Kartu Tanda Penduduk KTP, Surat Izin Mengemudi SIM, atau lahiran, kartu keluarga, paspor, ijazah dan sertifikat.

Sanksi terhadap pengusaha yang melakukan penahanan ijazah yakni pidana kurungan paling lama 6 bulan atau denda paling banyak 50 juta.

Adapun pemilik usaha Cremlin Perdana kusuma yang telah dikoordinasi oleh salah satu wartawan berita Rakyat mengabaikan dan dianggap tidak kooperatif saat dimintai keterangan. (8/4/2020)

Persoalan ini akan menjadi persoalan yang cukup penting dan sering terjadi di tengah masyarakat.

Tak hanya itu masalah ini mengundang salah satu advokat kondang Budiyanto, S.H. untuk kemudian akan menyeret pemilik usaha ke ranah hukum.

Budiyanto meminta Pemda Sidoarjo mengambil sikap tegas terhadap pelaku usaha yang masih bandel menahan ijazah karyawan di wilayah Sidoarjo.

Karena hal ini bertentangan dengan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Perda pasal 42 No.8 Tahun 2016 dan Pasal 374 KUHP tentang penggelapan.

“Apabila ijazah karyawan masih ditahan saya sebagai kuasa hukum dari karyawan, tidak segan-segan untuk menyeret pemilik usaha ke ranah hukum dan harus dipertanggung-jawabkan secara hukum”, lanjut Budiyanto.(Salman-beritaterkini)

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *