MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Sembilan ribu dari total 19 ribu santri dipondok Pensantren al-Fatah desa Temboro Kecamatan Karas, Magetan, jalani tes kesehatan. Santri yang jalani tes kesehatan tersebut, merupakan santri yang dijadwalkan akan pulang lebih awal kekampung halamanya masing masing, akibat wabah Covid-19.

Didik Styo Margono, Kabid P2PL Dinkes Magetan yang menagani langsung pemeriksaan kesehatan santri, mengatakan tes kesehatan yang dijalani mulai dari, detak jantung, tekanan darah hingga suhu tubuh. Bila diketahui sehat mereka akan diberikan surat sehat, sebagai bekal ditempat tinggalnya, bahwa mereka dalam kondisi sehat dari pondok. “Namun bila ditenggrai sakit akan dirawat dulu hingga sembuh, baru boleh pulang,”tandasnya.

Dijadwalkan, pemeriksaan kesehatan ini akan berlangsung selama 8 hari. “Hingga memasuki hari ke-empat ini, Senin (13/4) tidak ada temuan santri yang sakit, alhamdulillah semuanya sehat,”ungkap Didik.

Untuk pemulanganya bertahap, lanjutnya, disebabkan jumlah santri yang banyak, serta tujuannya rata rata luar jawa. “Rencananya pemulangan merekA mengunakan armada milik pondok dan kendaraan yang difasilitasi Pemkab Magetan,” pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here