PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Masih ada saja perilaku menganggap enteng penyebaran Covid19 bagi sebagian kecil masyarakat di Ponorogo. Padahal pemerintah daerah telah jelas mengatur perihal memutus rantai penyebaran Covid19 bahkan sampai ke desa-desa, dengan di bentuknya Siaga Desa Tanggap.

Seperti yang terjadi di Desa Pangkal, Kecamatan Sawoo, Senin (13/4), salah seorang warganya terpaksa didatangi tim satgas desa, karena diketahui bahwa orang tersebut pulang bekerja dengan jangka waktu yang cukup lama dari luar kota. Apalagi tidak melaporkan diri ataupun mengisolasi dirinya. Selama kedatangannya dari luar kota hingga didatangi tim, warga tersebut diketahui lalu lalang ke luar rumah.

Bripka Wahyu, Bhabinkamtibmas desa Pangkal Sawoo mengatakan, hal itu membuat rasa kurang nyaman dan was-was bagi tetangga maupun orang orang disekitarnya, bahkan himbauan dari petugas juga tidak diindahkannya. “Tim yang terdiri dari Bidan Desa Pangkal, Babinsa Koramil 14 Sawoo, Bhabinkamtibmas dan perangkat Desa Pangkal ini dengan sabar menjelaskan prosedur yang harus dilakukan warga yang baru datang dari luar kota, diantaranya melaporkan diri dan melakukan isolasi/karantina mandiri dirumah. Padanya juga ditawarkan untuk isolasi mandiri atau isolasi/karantina mandiri berkelompok di Posko Desa,”terangnya.

Menurut yang bersangkutan, lanjut Bripka Wahyu, wanita tersebut sudah habis masa kontrak kerjanya dan pulang ke Ponorogo pada tanggal 1 April 2020 yang lalu. “Sayangnya tidak mau melapor ke pihak desa dan melaksanakan isolasi/karantina mandiri. Alasannya dia pulang sebelum ada Pos-pos di jalan (Pos Gerbang Desa). Tadi juga sudah dijelaskan kepada yang bersangkutan bahwa dirinya seharusnya patuh dan melaksanakan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari, atau terpaksa kami isolasi atau karantina di Posko Desa, dan alhamdulilah dia mau melaksanakan isolasi mandiri dirumah meski kurang 2 hari sejak tanggal kedatangan”, ujar Bhabinkamtibmas Desa Pangkal Bripka Wahyu.

Tim juga menempelkan stiker sebagai tanda dirumah tersebut sedang ada yang melaksanakan isolasi mandiri guna mempermudah pengawasan. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here