PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Belasan nelayan andon asal Sukabumi yang hendak menyelundup ke Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP), Tamperan, Kabupaten Pacitan, berhasil digagalkan petugas gabungan di pos covid, Cemeng, Kecamatan Donorojo, Senin (13/4) kemarin.

Mereka sedianya hendak menuju Pantai Tamperan untuk bergabung bersama nelayan andon lainnya, yang lebih dulu sampai di Pacitan. “Jumlahnya 14 orang asal dari Sukabumi. Mereka berhasil di cegat di pos perbatasan Cemeng, Donorojo,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan, Kabupaten Pacitan, Sumorohadi, Selasa (14/4).

Menurut Sumorohadi, ke empat belas nelayan asal Sukabumi tersebut berhasil diamankan petugas gabungan ketika dilakukan tracking di kawasan perbatasan. “Begitu mereka sampai di pos perbatasan, identitas mereka terlacak dari Sukabumi dan hendak menuju pelabuhan. Begitu mendapat informasi, kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan UPT Pelabuhan Tamperan, untuk menindaklanjuti Informasi adanya nelayan andon yang hendak menyelinap masuk ke Pacitan,” jelasnya.

Setelah diberikan pemahaman, 14 nelayan andon tersebut akhirnya dipulangkan ke daerahnya. Hal tersebut sesuai kesepakatan yang ditanda tangani pada 29 Maret 2020 lalu, dengan melibatkan Kamladu, Polsek Pacitan, UPT Pelabuhan, Dinas Perikanan dan pengusaha. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here