MAGETAN-JARRAMPOSJATIM-Pemerintah kabupaten Magetan telah menyiapkan anggarkan percepatan penanganan Covid-19, sebesar 120 milyar. Anggaran jumbo tersebut berasal dari pengurangan, pengeseran serta pengalihan berbagai jenis anggaran lainnya.

Dari informasi juru bicara percepatan penanganan Covid-19, Saif Mucklison, bahwa anggaran ini berasal dari APBD induk dana belanja tidak terduga (BTT) sebesar 3,8 M, Pengalihan Dana Insentif Daerah (DID) & Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar 1,9 M. “Dan belanja langsung di OPD terkait DTPHPKP, Disnak, Dinsos, Disperindag, Kecamatan dan kelurahan sebesar 5 milyar,”katanya.

Selain itu, kata Muchlis pemkab juga melakukan penjadwalan ulang program kegiatan pada seluruh OPD dan pengalihan dari pengeluaran pembiayaan sebesar 30,1 M. “Ditambah dana desa, pada seluruh desa¬† yang ada, total keseluruhan 120 milyar, ” lanjutnya.

Anggaran yang disiapkan tersebut akan digunakan utama untuk kesehatan, dampak ekonomi dan penyediaan sosial safety hingga jaring pengaman sosial bagi masyarakat Magetan.

“Namun apabila anggaran penanganan COVID-19 diatas ternyata kurang, Pemkab masih akan menambahkannya, mengingat anggaran itu sangat diperlukan untuk penanganan kondisi darurat non-alam saat ini,” Imbuhnya.

Pemkab Magetan berharap dengan pengangaran sebesar 120 milyar ini,  percepatan penanganan corona lebih maksimal dan efektif dalam memutus penularan dan penyebaran virus corona. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here