PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, tegaskan bahwa dua warga di Kecamatan Pacitan, yang diduga pernah bepergian ke kawasan terpapar covid-19, sudah dilaksanakan tracing oleh tim gugus tugas.

Menurut Rachmad, keduanya juga sudah melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing. “Sudah selama 14 hari, mereka melakukan karantina mandiri di kediamannya masing-masing. Mereka sudah dipantau puskesmas dan hasilnya lulus (non reaktif covid-19),” kata Rahmad, Senin (20/4).

Hari ini, lanjut Rachmad, juga dilakukan rapid test terhadap lingkungan keluarga 3 PDP yang ditemukan hari sabtu kemarin sebanyak 29, dengan hasil kesemuanya non reaktif. “Alhamdulillah semua rapid test hasilnya negatif,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Selain melakukan RDT terhadap lingkungan tiga PDP baru tersebut, lanjut Rachmad, tim juga melakukan pengambilan jaringan mucosa untuk swap test terhadap 1 pasien covid conform, 3 PDP dan 2 orang yang ditengarai kontak dengan pasien positif covid-19.

“Maka dalam rangka pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 kepada seluruh masyarakat Pacitan, diharapkan untuk memakai masker bila keluar rumah dan mengadakan interaksi sosial. Lebih baik tinggal dirumah, dan jangan keluar bila tidak ada kepentingan mendesak. Segera cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung dan mata. Lain itu tetap jaga jarak fisik (physical distancing) saat berinteraksi dengan orang lain dan hindari berkerumun (social discanting),” pesannya. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here