PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Tingginya korban meninggal akibat serangan demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Pacitan, membuat masyarakat panik. Sebagian dari mereka ada yang beranggapan, virus SARS-CoV-2 atau covid-19, bisa menular lewat gigitan nyamuk.

Namun anggapan tersebut, dibantah juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto. Menurut Rachmad, belum ada penelitian yang menyatakan kalau coronavirus bisa menular melalui nyamuk. “Yang jelas, virus SARS-CoV-2 hanya bisa menular dari manusia ke manusia. Nyamuk tidak dapat menularkan penyakit karena virus Corona Covid-19 tidak banyak beredar dalam darah dan lebih dominan di paru-paru dan saluran pernapasan,” kata Rachmad, Jumat (24/4).

Diperoleh kabar, bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menilai kalau saat ini, CDC tidak memiliki data untuk menyatakan bahwa coronavirus baru ini atau coronavirus serupa lainnya disebarkan oleh nyamuk atau kutu. Cara utama COVID-19 menyebar adalah dari orang ke orang.

Disisi lain Rachmad Dwiyanto, juga menerangkan, virus Covid-19 ini memiliki senjata unik yang memungkinkannya menyerang jantung. “Virus corona ini mencari reseptor di paru-paru, tetapi reseptor yang sama itu duduk di pembuluh darah, sehingga bisa menempel di paru-paru dan di dalam pembuluh darah,” katanya.

Begitu virus yang di klaim berasal dari daratan China tersebut merapat ke sel-sel pembuluh darah, partikel-partikel virus dapat memicu kerusakan pada sel-sel ini dan pada otot jantung. “Virus covid-19 dapat memicu kondisi hypercoagual yang dapat menyebabkan pembekuan darah yang berakibat serangan jantung,” jelasnya.

Sekedar informasi, bahwaa hampir 20 persen dari 416 pasien virus corona yang di rawat di rumah sakit dalam satu penelitian yang dilakukan di Tiongkok, menunjukan tanda-tanda kerusakan jantung. Sejumlah serangan jantung terjadi karena masalah trombosis murni pembuluh darah. Oleh karena itu, sangat menjadi perhatian para dokter, karena dikhawatirkan banyak pasien yang bertambah dikarenakan hal tersebut. (yun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here