PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Langkah antisipasi pemudik menjelang lebaran pemerintah Desa Nambak akhirnya menutup jalan masuk ke selatan, dekat lapangan desa nambak kecamatan Bungkal. Untuk dapat masuk desa Nambak, warga harus melewati jalan utama dekat balai desa ke selatan.

Namun justru penutupan jalan tetsebut berimbas pada warga Desa Bekare yang harus memutar lebih jauh karena jalan tersebut merupakan jalan utama warga Bekare dalam beraktifitas.

Sisw├ándi, Kades Bekare saat musyawarah menyampaikan, penutupan jalan Nambak – Bekare hendaknya Pemdes Nambak koordinasi dulu dengan Pemdes Bekare. Pasalnya, apabila jalan Nambak-Bekare (lapangan Nambak ke selatan) ditutup 80% maka warga Bekare tidak bisa melewati dan harus memutar lebih jauh. “Padahal akhir tahun 2019 lalu Pemdes kedua desa sudah sepakat jalan tersebut merupakan jalan poros desa sehingga bisa dikelola kabupaten, seharusnya jalan tersebut tidak ditutup diportal saja. Kami akan menerima apapun hasil musyawarah pada hari ini,”terangnya, saat musyawarah, Kamis (30/4)

Penutupan jalan itu, kata Tugimin, Kades Nambak, untuk mengantisipasi pemudik menjelang lebaran agar lebih mudah pengawasannya. “Jadi haya satu pintu masuk lewat jalan utama balai desa ke selatan setelah lebaran jalan akan kami buka kembali,”tambahnya.

Sementara, Camat Bungkal Jemain, menyampaikan sampai saat ini wilayah kecamatan Bungkal tidak ada yang menjadi pasien positif Covid – 19. “Namun kita harus tetap waspada, kita perlu bersosialisasi hendaknya jalan utama jangan ditutup, namun diportal saja karena jalan tersebut juga akses jalan utama warga desa Bekare,”lanjutnya.

Selain itu Kanit Binmas Polsek Bungkal Aiptu Teguh Suyono menyampaikan dalam keadaan normal, penutupan jalan sebenarnya harus ijin resmi ke Polres Ponorogo sesuai UU LAJ. “Penutupan hendaknya saling berkoordinasi antar desa yang terdampak, guna menemukan solusi terbaik dan tidak menimbulkan masalah sosial, kita pertimbangkan baik buruknya bagi masyarakat banyak,”terangnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here