Sel. Mar 2nd, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Jumlah Kasus Positif Korona Di Pacitan, Bertambah Menjadi 6 Pasien

2 min read

PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Komandan satuan gugus tugas (satgas) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan Indartato mengumumkan tambahan dua kasus baru positif COVID-19 di Pacitan. Dengan bertambahnya dua pasien positif ini, jumlah kasus di Pacitan kembali meningkat menjadi 6 pasien positif COVID-19.

Pengumuman pasien positif COVID-19 nomor 05 dan 06 ini disampaikan oleh pria yang juga Bupati Pacitan tersebut dalam jumpa pers pada Jumat (1/5/2020) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8, Pacitan.

“Yang positif adalah, yang satu dari klaster Sukolilo dari Desa Kembang, Pacitan, saat ini yang bersangkutan masih menjalani karinta di wisma atlet,”kata Bupati Indartato.

Sementara kasus kedua positif yang diumumkan Bupati Pacitan malam ini adalah kasus klaster baru. Namun demikian Bupati belum menyebut kasus positif baru tersebut dari klaster mana.

“Yang pasien positif COVID-19 kedua malam ini, itu adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang merupakan warga Kecamatan Tulakan Pacitan dan dirawat di salah satu rumah sakit di Ponorogo,”imbuhnya.

Bupati juga mengajak masyarakat Pacitan untuk menjaga kesehatan agar kasus positif di Pacitan tidak bertambah.

“Demi kepentingan kita bersama, saya sekaligus mengajak kepada semuanya menjaga kesehatan, agar tidak ada kenaikan yang menjadi positif COVID-19, cukup 6 itu saja, saya kira itu yang bisa saya sampaikan,”pungkasnya.

Dengan demikian, dua pasien COVID-19 baru ini berasal dari dua klaster, dimana satu diantaranya adalah transmisi lokal Sukolilo seperti kasus 01 sampai kasus 04. Kesemua pasien positif COVID-19 klaster Sukolilo beralamatkan di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Sementara satu pasien positif COVID-19 lainnya yang diumumkan malam ini adalah dari klaster baru yang merupakan warga Kecamatan Tulakan.

Selain dua kasus positif COVID-19 baru tersebut, berdasarkan data yang diperoleh dari laman covid19.pacitankab.go.id, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 19.341 orang per Jumat (1/5/2020).

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 18.789 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR). Dari total ODR tersebut, sebanyak 4.485 masih dipantau dan 14.303 orang sudah selesai dipantau.

Kemudian sebanyak 538 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dimana total ODP selesai dipantau 495 orang dan dipantau 43 orang. Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 9 orang dengan rincian 3 PDP masih dipantau, 2 PDP meninggal dunia dan 4 PDP selesai dipantau.

Pada kesempatan jumpa pers tersebut, Indartato didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0801/Pacitan, Letkol (inf) Nuri Wahyudi, Sekkab Pacitan Heru Wiwoho SP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rachmad Dwiyanto, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka serta sejumlah pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *