Rab. Jan 27th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Gugus Covid-19 Pacitan Temukan Satu PDP Asal Jakarta

1 min read

PACITAN-JARRAKPOSAJATIM-Satu pasien dalam pengawasan (PDP) kembali terlacak oleh satuan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan. Pasien tersebut dikabarkan pendatang dari Jakarta yang pulang kampung ke Pacitan.

Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, mengatakan, awalnya warga Kecamatan Tulakan itu, merantau ke Jakarta. Saat pandemi global coronavirus disease (covid-19) berlangsung, yang bersangkutan pernah menjalani rapid diagnotic test (RDT) dan hasilnya reaktif.

Kemudian, pada RDT tahap kedua, dinyatakan non reaktif. Hal tersebut didasarkan atas hasil pemeriksaan dari salah satu rumah sakit di Jakarta, yang dibawa oleh pasien tersebut. “Orang tersebut pulang kampung ke Tulakan dan berhasil lolos dari pemeriksaan petugas. Sebab yang bersangkutan sebagaimana pengakuannya, melalui jalur tikus,” jelas mantan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan ini, Rabu (6/5).

Setelah beberapa hari tinggal dikampung halaman, akhirnya gugus tugas desa berhasil melacak keberadaan orang tersebut. Begitupun petugas pelayanan kesehatan di desa setempat, juga berhasil menguak sejarah pasien, ketika masih berada di Jakarta. “Saat ini yang bersangkutan tengah menjalani masa karantina di wisma atlet. Sedangkan keluarganya, diminta melakukan karantina mandiri di rumah,” tegasnya.

Lebih lanjut Rachmad mengungkapkan, dari hasil penelusuran yang dilakukan tim gugus tugas, ternyata pasien berjenis kelamin perempuan, usai sekitar 50 tahun tersebut, juga punya riwayat penyakit diabetes melitus. (yun).

Editor : Dedy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *