Sab. Jan 16th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Aturan 4 Zona Kecamatan Dalam PPDB SMA Negeri di Ponorogo Dihapus

2 min read

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo, Nurhadi Hanuri

PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Sistem pembagian 4 zonasi Kecamatan dalam penerimaan siswa baru SMA Negeri, yang pernah berlaku di Ponorogo telah dihapuskan. Yang saat ini berlaku adalah Zonanisasi perkabupaten atau kota dengan sistem penerimaan peserta didik baru berdasarkan jarak dan domisili serta jalur prestasi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo, Nurhadi Hanuri, saat dikonfirmasi Jum’at (8/5) mengatakan, penghapusan Zonasi berdasarkan kelompok-kelompok perkecamatan memang sudah direncanakan sebelumnya, jadi bukan karena adanya Pandemi Korona. “Kebijakan tahun ini menggunakan zona perkabupaten dengan kualifikasi penerimaan tetap berdasarkan jarak atau domisili. Karena untuk mengakomodir kepentingan siswa untuk mendapatkan sekolah sesuai dengan hak peserta didik,”jelasnya.

Ia juga menambahkan, untuk penerimaan peserta didik baru ada aturannya tersendiri. Yaitu menggunakan rata-rata nilai sementer 1 sampai dengan 5 ditambah nilai rata-rata Ujian Nasional untuk tahun 2019. “Untuk lulusan SMP sederjat tahun 2020 yang akan masuk SMA atau SMK Negeri menggunakan nilai rata-rata sementer 1 sampai 5,”tambahnya.

Terkait penambahan pagu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo mengatakan jika hal itu tergantung kebijakan masing-masing wilayah di Jawa Timur. Untuk Ponorogo masih terbuka untuk manambah pagu. “Ada beberapa faktor menambah pagu diantaranya sekolah yang memilikk prospek bagus. Selain itu, pendaftaran tahun lalu banyak yang harus diakomodasi, sehingga tidak merasa kecewa,”jelasnya.

Namun, ia mengingatkan bagi SMA Negeri yang jumlah Rombongan Belajarnya (Rombel) sudah 12 tidak bisa menambah lagi disebabkan Dapodiknya sudah ditetapkan 12. “Untuk SMK jumlah Rombelnya maksimal 72,”katanya.

Sementara untuk pendaftaran SMA dan SMK Negeri akan dibuka pada tanggal 15-16 Juni 2020, khusus jalur Afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua dan jalur prestasi. Untuk zonasi SMA Negeri pendaftaran dibuka mulai tanggal 22-24 Juni 2020. Serta pendaftaran dari prestasi gabungan dan reguler SMK akan dibuka tanggal 25-27 Juni 2020.(Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *