Sel. Jan 12th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Hujan Lebat, Tebing 100 Meter Longsor Tutup Jalan

2 min read

MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Hujan deras yang terus menguyur Magetan dalam dua hari ini, menyebabkan tebing setinggi kurang lebih 100 meter lebar 25 meter longsor, Minggu dini hari (10/5). Material longsor berupa tanah dan batu serta pepohonan, menutup seluruh badan jalan.

Akibatnya, ratusan keluarga, dukuh Wonomulyo Desa Gaaenilangit,Kecamatan Poncol harus terisolir.

Selain itu, tanah longsor juga memutus jaringan air bersih milik perusahaan daerah. Menyebabkan sedikitnya 3000 pelangan di dua kecamatan yang berada dibawahnya terancam tidak dapat menikmati layanan air bersih.

Pagi ini, masyarakat desa Genilangit, bergotong royong bersam BPBD TNI dan POLRI membersihkan material longsoran agar bisa dilalui, mengingat jalan ini adalah satunya akses warga setempat dalam beraktifitas.

Pardi, Kepala Desa Genilangit mengataka bahwa sejak dua hari ini hujan dengan intensitas tinggi terus menguyur Kecamatan Poncol, setelah beberapa minggu tidak hujan, “Kami duga tanah yang sebelumnya kering akibat diguyur hujan menjadi longsor, akibat tidak kuat menahan air,”tambahnya.

Tebing yang ketinggianya 100 meter lebih ini memiliki kemiringan extrims, hampir 90° sehingga rawan longsor, memang sebagian besar wilayah desa desa pada kecamatan Poncol berada pada topografi gunung Lawu.

Terdapat 800 lebih keluarga di dukuh Wonomulyo. Jalan ini adalah satu satunya akses menuju keluar, tidak ada jalan lain, jika tidak segera dibersihkan otomatis ratusan KK terisolir. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,”lanjut Kepala Desa.

Diprediksi petang nanti jalan ini baru bisa dilalui kendraan, pasalnya matrial longsoran cukup sulit dibersihkan karena bercampur batu dan akar akar pohon.

BPBD Magetan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati hati, data dari BMKG, masih terjadi potensi hujan dengan intesitas sedang mupun lebat hingga sepekan kedepan di Kabupaten Magetan dan sebagian wilayah di Jawa Timur. (Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *