PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Nampaknya 6 pelaku pembuat sekaligus penjual serbuk bahan untuk mercon harus berlebaran di kantor polisi. Tak tanggung-tanggung, dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 30 kilogram serbuk bahan peledak untuk mercon.

Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto dalam rillisnya di Mapolres, Senin (18/5) mengatakan, 6 kasus itu berasal dari wilayah Kota, Sambit, Sampung hingga Badegan. “Diamankan sebanyak 30 kilogram serbuk bahan peledak untuk pembuatan mercon. Diantara pelaku ada yang masih berusia 16 tahun yang masih berstatus pelajar,”tandasnya.

Kapolres juga mengatakan, serbuk bahan peledak untuk mercon didapatkan pelaku secara beragam, diantaranya pemesanan via on line, bahkan ada yang bertemu di stasiun Kediri. “Serbuk bahan peledak itu dibuat mercon dengan beragam ukuran. Rencananya akan diperjualbelikan dan ada yang digunakan sendiri pada saat lebaran. Bahkan ada yang dijual dalam bentuk serbuk bahan, dengan harga 200 ribu per kilogram,”terangnya.

Atas kejadian itu, lanjut Kapolres, pihaknya akan lebih meningkatkan patroli dan menggelar razia mercon hingga balon udara. “Balon udara ini sangat membahayakan penerbangan dan bisa menyebabkan kebakaran,”paparnya.

Ke enam tersangka akan dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman 20 tahun penjara.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here