MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Jamaah satoriyah di desa Tapen, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan baru mengelar salat Eid. Menurut keyakinan mereka 1 Syawal 1441 hijriyah jatuh pada hari ini, Senin (25/5).

Dari keterangan Jarkasi salah satu penganut ajaran satoriyah, bahwa tahun ini sebagai tahun wawu dalam huruf hijakiyah dan 1 Syawal 1441 hijriyah jatuh pada hari ini, usianya hari 30.

” Tahun ini sebagai tahun wawu, usia ramadhan 30 hari penetapan 1 Syawal 1441 hijriyah ya pada hari ini,”tandasnya.

Namun tahun ini jumlah jamaah pada Musolla Al Muhajirin lebih sedikit dari biasanya, para jamaah dari luar desa memilih untuk mengelar salat id dilingkungan masing masing akibat pandemi Korona.

Sholat dan perayaan idul fitri yang lebih lambat sehari dengan yang ditetapkan oleh pemerintah, menurut Jarkasi karena mereka memulai puasa juga lebih lambat sehari dengan awal ramadan dari penetapan pemerintah.

“Tidak ada perbedaan gerakan dan rukun dalam salat id pada ajaran satoriyah, hanya waktu pelaksanaanya yang berbeda, sehari setelah penetapan pemerintah saja,” terangnya.

Jamaah yang mayoritas lansia tersebut usai menjalankan salat membubarkan diri dan kembali kerumah masing masing dengan tertib lancar. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here