Rab. Mar 3rd, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Bantuan Dampak Covid-19 Bagi Pelaku Usaha Kulit Jalan Sawo Magetan, Tidak Jelas

2 min read

MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Jalan Sawo, merupakan ikon wisata souvenir kerajinan dari kulit khas Magetan. Nasibnya kini mati suri, akibat pandemi Korona. Hampir dua bulan ini, pasca wabah global corona, sepi nyaris tiada pembeli.

Momentum mendulang untung besar saat Idul Fitri sirna begitu saja.”Nyaris tidak ada pengunjung yang mampir. Kena lock down karena Corona,” ujar Eko Patriono Ketua Asosiasi Perajin Kulit Magetan saat dikonfirmasi, Jum’at (29/5).

Pria yang juga sekaligus pemilik Toko Kulit Praktis Jalan Sawo Magetan itu juga menceritakan, biasanya, Jalan Sawo akan ramai dikunjungi wisatawan pada H – 7 hingga H +10 lebaran, apalagi pada akhir seperti hari ini, masyarakat akan memenuhi setiap toko toko untuk sekedar dipakai pada hari raya, maupun oleh oleh khas pemudik sebagai buah tanggan kerabat maupun teman diperantauan.

“Saya mulai tutup sejak pertengahan Maret 2020. Dan baru dua minggu sebelum Lebaran. Saat ini sudah buka tiap hari. Tapi, ya begini, sepi,” kata Eko.

Biasanya dalam jalang maupun paska lebaran dalam sehari OMSET penjualan bisa mencapai 25 juta sampai 50 juta. “Namun, selama wabah ini hanya terjual satu atau dua produk saja, ya dapat uang hanya 100 ribu hingga 125 ribu rupiah,” tuturnya.

Soal stimulan yang sempat dijanjikan dan sempat di data oleh dinas UMKM dan disperindak setempat hingga kini juga belum ada kabarnya.” Sempat di data namun belum ada kejelasan sampai sekarang,” ungkapnya.

Dia tidak mengelak bahwa pandemi Korona ini telah memporak-porandakan roda perekonomian. Itulah sebabnya, dia berharap wabah ini segera berakhir dan tatanan kehidupan kembali normal.

Terkait wacana New Normal yang saat ini sedang di bahas oleh pemerintah pihak asosiasi baik perajin maupun pedagang menyambut baik kabar ini, yang di harap selama ini dari kunjungan wisata Sarangan, bila sarangan segera di buka tentu ini menjadi angin segar bagi industri kulit di Magetan.

“Selama belum normal bantuan yang di janjikan segera terealisasi, meski sampai sekarang tidak ada kabar dan kejelasanya, Semoga saja, wabah ini cepat berakhir. Dan, segalanya akan segera kembali normal, seperti sedia kala,” harapnya. (Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *