PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Berbagai kegiaatan dimasa Pandemi Korona atau terus dilakukan banyak pihak. Salah satunya oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Orsos Rumah Kasih Sayang (RKS) Kabupaten Ponorogo melaui kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan, sabun cuci dan sabun mandi, Minggu (7/6/2020). Berlokasi di Sekretariat LKS Orsos Rumah Kasih Sayang Desa Krebet, Kecamatan Jambon,kegiatan itu diikuti 85 orang lansia maupun keluarganya yang menjadi binaan LKS Orsos RKS.

Koordinator Kegiatan, Aning Sri Lestari menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan sabun cuci tangan, sabun cuci dan sabun mandi merupakan salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. “Kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan, sabun cuci dan sabun mandi juga merupakan progres lanjut usia therapy penghidupan berkelanjutan Kementerian Sosial RI melalui BRSLU Budi Dharma Bekasi,” tandasnya.

Lebih lanjut Aning, berharap melalui pelatihan pembuatan sabun ini para lansia mampu membuat sabun sendiri. “Jadi para lansia sekarang tidak perlu membeli sabun ke toko-toko karena sudah bisa memproduksi sendiri,” paparnya.

Terpisah, Djaenuri selaku Ketua LKS Orsos Rumah Kasih Sayang Kabupaten Ponorogo menerangkan bahwa lembaga yang dia pimpin saat ini melakukan pemberdayaan dan perlindungan disabilitas. “Pemberdayaan dan perawatan sosial lansia,” bebernya.

Pihaknya juga mengatakan LKS Orsos Rumah Kasih Sayang Kabupaten Ponorogo juga melakukan pengembangan dan perlindungan anak. “Serta pemberdayaan usaha ekonomi produktif Fakmis,” imbuhnya.

Menurutnya, LKS Orsos Rumah Kasih Sayang juga melakukan penguatan keagamaan bagi warga binaan. “DanĀ  peningkatan SDM, pelatihan dan bimbingan ketrampilan,” ungkapnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here