Jum. Feb 26th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Longsor Terjang Jaringan PDAM, 3000 Pelanggan Tak Dapat Air Bersih

1 min read

MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Tebing setinggi seratus meter di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol Magetan longsor pada Minggu (14/6). Matrial longsoran merusak jaringan pipa PDAM Lawu Tirta Magetan. Akibatnya sedikitnya 3000 KK di dua Kecamatan yaitu Poncol dan Ngariboyo tak dapat aliran air dari PDAM.

Wiyono, Direktur Teknik PDAM Magetan mengatakan bahwa matinya saluran air bersih pada dua kecamatan Poncol dan Ngariboyo akibat pipa diterjang longsor di area sumber utama trojiwo, desa Genilangit. ”Longsor ini akibat hujan intesitas sedang Sabtu malam kemarin, membuat air hujan memenuhi irigasi pertanian dan meluap serta mengerus tebing yang memang rawan longsor,” terangnya.

Akibat longsor tersebut, lanjut Wiyono, matrial longsoran berupa tanah dan batu menerjang saluran pipa milik PDAM yang berada dibawahnya. Terdapat sedikitnya 3 pipa ukuran 6” putus semua. “Sumber Trojiwo ini satu satunya sumber yang mengaliri dua kecamatan di bawah, Poncol dan Ngariboyo, putus ya 3000 lebih pelangan mati, ” paparnya.

Medan yang curam menyulitkan untuk segera dilakukan perbaikan. “Butuh alat khusus untuk mengangkat pipa besi yang lepas dari penyangga yang terbawa longsor. Darurat kita lakukan penyambungan dengan paralon yang diikat denga pepohonan, agar air ke pelangan tidak mati total,” terangnya.

Dirtek PDAM Lawu Tirta Wiyono juga mengaku butuh waktu sepekan untuk layanan kembali normal, pipa besi yang terputus butuh alat dan las untuk dapat disambungkan kembali. Beruntung pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa, tidak ada petani di bawahnya yang beraktifitas, mengenai kerugian masih dalam pendataan.(Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *