PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Berbicara pemilihan kepala daerah khususnya Ponorogo memang cukup menarik. Pasalnya sejauh ini, yang mencuat hanyalah Calon tunggal dari Patahana yang akan kembali maju di Pilkada 2020. Walaupun dari kejauhan muncul nama lain yang akan turut berlaga.

Pengamat sekaligus Tokoh senior Ponorogo, Supriyanto secara khusus kepada media Jarrakpos, Senin (15/6) mengatakan kalkulasi untuk Pilkada Ponorogo kemungkinan calon tunggal 70 persen, yaitu Petahana, Ipong Muchlissoni. “Kecil sekali ada lawan, hanya 30 persen kemungkinannya,”tandasnya.

Hal itu, menurut tokoh yang juga anggota Komisi 2 DPR RI itu, disebabkan masalah waktu, kemudian proses pendaftaran partai sudah berlangsung serta kondisi saat ini yang menghadapi Covid-19. Artinya seperti untuk mengumpulkan masa dan lain sebagainya juga banyak kendala, sehingga tampil sebagai calon Bupati tidaklah gampang. “Tidak ada maksud lain, hitung-hitungan saya karena melihat kondisi dan situasi, sehingga orang baru untuk tampil hanya 30 persen saja,”lanjutnya.

Supriyanto juga mengatakan, dengan calon tunggal sudah sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada. “Istilahnya kalau didesa nanti lawannya bumbung kosong. Masyarakat tinggal memilih, jika suka dengan calon bupatinya ya silahkan dipilih. Jika tidak suka yang silahkan pilih bumbung kosong itu,”terangnya.

Ia juga menambahkan, tidak banyak munculnya kader partai dalam Pilkada Ponorogo itu karena sejumlah faktor. Diantaranya, tidak semua kader partai siap dan mampu, disebabkan persyaratan pilkada ini cukup berat, seperti membutuhkan biaya yang sangat besar. “Bukan hanya siap atau tidak siap tetapi disesuaikan dengan keadaan yang ada,”pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here