PACITAN-JARRAKPOSJATIM-Pemerintah pusat tengah mewacanakan pemangkasan jabatan struktural. Baik lingkup lembaga, kementerian, maupun pemda. Hal tersebut seiring terjadinya wabah coronavirus disease (covid-19) yang mengakibatkan para aparatur sipil negara (ASN) harus bekerja dari rumah ataupun one day one home.

Juru bicara tim komunikasi publik penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, soal wacana pemangkasan pos jabatan struktural tersebut, sebetulnya sudah konsep lama dari Presiden Jokowi, yang kemudian ditindak lanjuti oleh Kemen PAN dan RB serta Kemendagri. “Kalau nggak salah ingat, tanggal 30 juni 2020 merupakan batas akhir analisa dari konsep penyederhanaan jabatan struktural baik yang ada di kementrian, lembaga ataupun pemerintah daerah,” ujarnya, Senin (22/6).

Menurut Rachmad, pemerintah daerah hanya sebagai pelaksana dari kebijakan yang akan diterapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, masing-masing Pemda akan mengikuti semua keputusan yang akan ditetapkan pemerintah pusat. “Kita ikuti saja, apa yang akan menjadi landasan kebijakan yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat. Dinamika terakhir, Kemen PAN dan RB, akan merumuskan lagi sistem rekruitmen ASN,” tandasnya. (yun).

Editor : Dedy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here