PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Pemilihan kepala daerah Ponorogo memang sangat menarik untuk dicermati. Pasalnya, sejauh ini, Petahana dinilai sejumlah pihak, masih cukup kuat bagi para penantang baru.

Namun disisi lain, muncul nama nama tenar untuk menantang petahana. Tak hanya ala kadarnya, kabarnya sang penantang mendapat dukungan besar dari sejumlah elemen masyarakat bahkan beberapa partai politik.

Dimata Supriyanto, Tokoh senior Ponorogo, para penantang baru bagi petahana disarankan untuk mengurungkan niatnya maju Pilkada Ponorogo 2020. “Menurut saya, jika ada yang akan maju Pilkada Ponorogo melawan petahana agar diurungkan saja niatnya,”paparnya.

Hal itu, lanjut Kang Pri, sapaan akrab Supriyanto, disebabkan beberapa hal diantaranya, dengan kondisi belum redanya wabah Covid-19 ini, bisa menyulitkan para calon penantang petahana.

“Kondisi seperti ini sangat sulit dan merepotkan bagi penantang baru dalam mengumpulkan banyak orang atau kampanye, apalagi ada aturan protokol kesehatan,”katanya.

Kemudian, lanjut Anggota Komisi 2 DPR RI itu, masalah waktu, perhelatan pilkada sifatnya masih tentatif jika dilihat dari Perpu. Jadi, bisa digelar Desember 2020, bisa saja Maret 2021, atau waktu yang lain. Artinya waktu bisa berubah.

“Bagi penantang baru, seandainya niat itu diurungkan, maka sebaiknya mempersiapkan dalam Pilkada Ponorogo selanjutnya, karena peluang akan lebih bagus dan terbuka, apalagi sudah tidak ada incumbent,”teranganya.

Selain itu, Kang Pri mengatakan, jika ada lawan baru, dinilainya masih belum terlalu siap untuk bertarung melawan petahana dalam Pilkada Ponorogo. “Dimana-mana incumben itu relatif kuat, bukan berarti tanpa kelemahan. Pasti semua ada kekurangan, namanya kebijakan tidak bisa memuaskan semua pihak,”imbuhnya.

Ia juga menerangkan, sebetulnya jika ada kesiapan yang matang, bisa saja penantang baru mampu mengalahkan incumbent, tetapi akan membutuhkan cost yang sangat besar. “Butuh sumber dana dan sumber daya yang begitu besar. Kemungkinan mengalahkan petahana itu selalu ada,”jlentrehnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here