PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Serangan ulat pada tanaman jagung benar-benar membuat sejumlah petani diwilayah desa Nailan, Kecamatan Slahung Ponorogo hampir putus asa.

Pasalnya, tanaman jagung berusia 45 hari itu mengalami kerusakan cukup parah dan terancam gagal panen. Berbagai upaya sudah dilakukan, seperti penyemprotan dengan obat serangga. Namun hasilnya gagal, ulat tetap bandel menyerang daun dan bunga tanaman jagung.

“Sudah disemprot tapi ulat tidak mau mati, malah semakin banyak,”kata Parmi, salah satu petani jagung.

Akhirnya, lanjutnya, membunuh ulat itu dengan cara manual. “Kita pilah satu satu tanaman jagungnya, diambil ulatnya. Begitu tiap hari,”katanya.

Sementara, petani lain, Sundari mengatakan, serangan hama ulat itu mulai dirasakan sekitar dua minggu lalu. “Ulat itu memakan daun, daun dan batang. Hal itu menyebabkan, tanaman jagung rusak dan bisa gagal panen,”terangnya.

Bagi tanaman yang terlanjur rusak, kata Sundari, terpaksa dipotong untuk makan ternak. “Diwilayah ini rata-rata diserang hama ulat, kita berharap ada perhatian dari dinas terkait agar dapat mencarikan solusi bagi petani,”pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here