Sel. Jan 19th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Ribuan Pendaki Penuhi Jalur Cemoro Sewu Menuju Gunung Lawu

2 min read

MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu dipadati oleh para pecinta alam terutama pendakian.

Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl tersebut menyimpan sejuta pesona alam hingga menarik para pendaki terutama dimusim libur.

Pendakian Gunung Lawu sempat ditutup selama tiga bulan lebih, akibat wabah corona. Dua pekan lalu kembali dibuka untuk umum, namun sifatnya masih uji coba. Namun animo wisatawan pasca dibuka luar biasa, tercatat sudah lebih dari 1885 pendaki menjejakkan kaki hingga di puncak.

Seperti Arbi dan Evi, pendaki asal Pemalang Jawa Tengah mengaku setiap dua pekan selalu naik gunung. Namun akibat corona membuat jalur pendakian gunung lawu ditutup hingga hobbynya ini tidak dapat tersalurkan.

Mendengar jalur pendakian kembali dibuka dirinya bersama teman temannya rencana akan berkemah di puncak selama beberapa hari. ” Agar rindunya terobati,” ungkapnya.

Sementara itu, Kholil,
KRPH Sarangan, pengelola jalur pendakian Cemoro Sewu, Gunung Lawu dari Perhutani, di tempat terpisah mengatakan, dibukanya kembali jalur pendakian ini sifatnya uji coba dan akan dievaluasi secara berkala.

“Ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pendaki, calon pendaki harus mendaftar dan mengisi pendataan formulir sudah yang telah disediakan pada pos masuk, selain itu wajib meninggalkn KTP, jika rombongan cukup 1 KTP perwakilan,” terangnya.

KTP bisa diambil kembali, lanjutnya pada saat turun gunung sambil laporan, ini dimaksudkan untuk berjaga jaga bila pendaki terjadi apa apa mudah untuk identifikasi.

Lebih lanjut kata Kholil, selain mematuhi larangan dan kwajiban dari perhutani semua pendaki hrs mematuhi protokol Covit 19. Seperti selalu cuci tangan ,pakai masker, jaga jarak baik dalam rombongan atau dengan rombongan lain.

Lebih penting peralatan pendaki harus komplit, seperti konsumsi, alat pelindung diri di perjalanan atau nanti pas nge cam. Calon pendaki juga diwajibkan cek suhu tubuh sebelum berangkat pada pintu masuk, jika suhu tubuh tinggi dan kurang sehat petugas akan melaranya naik. Terakhir pendaki Anak dibawah umur tidak di ijinkan, kecuali bersama orang tuanya.

“Data yang tercatat jumlah pendaki pada jalur pendakian Gunung Lawu via cemoro sewu Magetan Jawa Timur sejak di buka dari tanggal 25 Juni kemaren hingga hari ini sebanyak 1885 orang,” ungkapnya.

Pihak Perhutani menghimbau kepada para pendaki untuk mentaati peraturan dari Perhutani, terutama peraturan covid 19 yang diterapkan. Karena pembukaan ini sifatnya sementra dan akan dievaluasi oleh dinas perhutani.” Jika ditemukan banyak yang melangar dimungkinkan jalur pendakian akan kembali di tutup untuk umum kembali,” pungkasnya. (Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *