MAGETAN-JARRAKPOSJATIM-Pelayanan kesehatan Puskesmas Plaosan hari ini Jumat (10/7) kembali dibuka, setelah sempat tiga hari di tutup akibat seluruh tenaga kesehatanya isolasi mandiri usai menjalani swab massal.

Sperti diberitakan sebelumnya, salah satu tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut, inisial YN 35 tahun positif covid 19. Hal itu menyebabkan seluruh karyawan puskesmas ini dilakukan swab masal yang dilakukan oleh tim gugus tugas dari dinas kesehatan setempat secara bertahap.

Ketua tim pengulangan covid 19 gugus tugas percepatan penaganan covid, Didik Styo Margono, mengatakan hari ini swab pertama pada 18 karyawan didapati satu orang positif covid 19, sedang 17 lebihnya negatif. “Sebanyak 17 orang ini kita perintahkan untuk masuk, agar layanan kesehatan kepada masyarakat ini tidak terhenti,” terangnya.

Sedang hasil swab kedua, lanjut Didik, terhadap 51 tenaga kesehatan hasilnya saat ini belum keluar, masih menunggu beberapa hari kedepan. “Berhubung tenaga kesehatan yang masuk sedikit puskesmas tidak membatasi jumlah pasien, namun layanan kesehatan hanya untuk rawat jalan saja,”paparnya.

Lebih lanjut, terangnya, puskesmas tidak membatasi jumlah pasien berobat, namun pasien tetap harus mematuhi protokoler kesehatan, sperti cuci tangan sebelum masuk puskesmas, memakai masker dan diperiksa suhu tubuh dengan termogun. Selain itu jaga jarak dengan pasien lain.

Ia menambahkan, “Untuk sementara hanya layanan rawat jalan saja yang bisa dilayani mengigat jumlah karyawan puskes tinggal  17 orang saja, akibat sebanyak 51 lainya masih isolasi mandiri, satu sampai dua hari ke depan akan diketahui hasil swab nya,” pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here