PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Hari ini, Kamis (16/7), penambahan jumlah kasus Covid19 semakin tak terbendung. Tak tanggung-tanggung 17 orang dinyatakan Positif Covid-19.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengabarkan bahwa Hari ini terdapat tambahan 17 kasus konfirm COVID-19, terdiri dari 15 orang santri PP Gontor 2. Kasus yang terjadi di PP Gontor 2 ini menunjukkan bahwa betapa cepatnya virus ini menular. Upaya keras telah dilakukan oleh Satgas COVID19 PP Gontor.

“Selain memperketat penerapan protokol kesehatan, pihak PP Gontor menyediakan gedung khusus untuk isolasi warga pondok yang terindikasi untuk dilakukan isolasi,”lanjutnya.

Beberapa warga pondok yang dinyatakan positif, kata Bupati dipindahkan isolasi di Surabaya sebagai bagian dari upaya untuk percepatan penanganan. Pihak pondok juga mendatangkan mesin PCR yang rencana operasionalnya akan bekerjasama dengan salah satu RS di Kabupaten Ponorogo.

“Semoga seluruh upaya tersebut dapat mempercepat penanganan COVID19 di lingkungan PP Gontor,”harapnya.

Selain itu, lanjut Bupati Ponorogo, ada 1 orang laki-laki, umur 32 tahun, alamat Paringan, Jenangan, riwayat sebelumnya bekerja di Surabaya dan pulang ke Ponorogo tanggal 4 Juli karena mau menikah.

“Dia secara mandiri melakukan rapid test hasilnya reaktif, dan hasil swab PCR dinyatakan positif,”tandasnya.

Bupati juga menambahkan ada lagi yaitu 1 orang perempuan, umur 47 tahun, alamat Bedrug, Pulung, merupakan hasil tracing dari pasien konfirm nomor 65.

“Hikmah yang dapat kita ambil, bahwa begitu cepatnya penularan penyakit COVID19 ini harus diimbangi dengan kecepatan penanganan dan peningkatan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Mari kita tingkatkan kedisiplinan, kewaspadaan, saling menjaga dan saling mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,”paparnya.

Kabar baiknya, lanjut Ipong Muchlissoni, ada 7 orang pasien konfirm hari ini dinyatakan sembuh.

“Mereka adalah pasien nomor 24, 43, 44, 48, 49, 51 dan 56. Semoga pasien lainnya bisa segera menyusul sembuh,”harapnya.

Data kasus Covid19 di Ponorogo hingga hari ini total 144. Dengan rincian pasien sembuh ada 51 orang, meninggal sebanyak 4 orang, Isolasi mandiri 2 oranga, isolasi shalter 10 orang. Isolasi Rumah Sakit Di Ponorogo 19 orang, Isolasi di Rumah Sakit Ngawi ada 1 orang, isolasi di Lapangan Indrapura Surabaya 12 orang, sementara 15 orang lainnya dalam proses evakuasi di Lapangan Indrapura Surabaya.

Dari total 114 kasus Covid19 itu, terbagi menjadi 38 kasus dari Gontor 2, Riwayat Surabaya ada 22, Temboro 13 kasus, Ronowijayan 12 kasus, PPIH Sukolilo 8 kasus dan lainnya ada 17 kasus.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here