PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Pasie‏n sembuh dari Covid-19 per hari ini, Minggu (19/7) tercatat 14 orang, namun disisi lain ada 6 penambahan pasein baru.

Menurut Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni ada 14 Pasien COVID19 dinyatakan sembuh sebanyak 14 pasie “Terdiri dari 11 santri dan ustadz Gontor yang dirawat di RS lapangan Indrapura Surabaya. 11 orang tersebut akan kembali ke PP Gontor,”terannya.

Selanjutnya, kata Bupati Ponorogo Pasien sembuh adalah nonor 71 dan 72 yang merupakan bagian dari kelompok kasus Panjeng, kecamatan Jenangan.

“Ada lagi yang sembuh Pasien nomor 81 yang berasal dari Desa Mlarak. Semoga pasien yang masih dirawat bisa segera menyusul sembuh,”harapnya.

Namun dengan keprihatinan, lajut Bupati Ponorogo, hari ini terdapat tambahan 6 kasus baru COVID19. Antara lain, Laki-laki 41 tahun dan perempuan 62 tahun.

“Mereka berdua berasal dari Desa Gondowido, kecamatan Ngebel. Berawal dari kejadian yang dilaporkan pada tanggal 12 Juli 2020, bahwa terdapat 1 orang warga Ngebel yang meninggal mendadak, dengan riwayat 7 hari sebelumnya perjalanan dari Jakarta. Pemakaman telah dilakukan sesuai dengan protokol COVID-19. Dari kejadian tersebut kemudian dilakukan tracing dan pengambilan swab terhadap 8 orang kontak erat, hari ini didapatkan 2 orang yang dinyatakan positif,”terangnya.

Menurut hasil tracing, Bupati melanjutkan, sehari sebelum meninggal almarhum menggelar acara selametan dengan melibatkan kurang lebih 84 orang, yang saat ini sedang melakukan isolasi mandiri. “Selanjutnya 84 orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan rapid test,”katanya.

Kemudian, Bupati menerangkan, ada 3 orang laki-laki, masing-masing berasal dari Karangpatihan, kecamatan Balong, Bancar, kecamatan Bungkal, dan Ngilo-ilo, kecamatan, Slahung.

“Ketiganya bermula dari hasil reaktif saat screening rapid test COVID19 utk petugas PPDP. Setelah dilakukan pemeriksaan PCR didapatkan hasil positif. Saat ini masih dilakukan tracing terhadap riwayat dan kontak erat dari ketiga pasien tersebut,”paparnya.

Bupati Ponorogo menambahkan, pasien positif selanjutnya 1 orang perempuan, 22 tahun, riwayat pulang dari Surabaya tanggal 5 Juli. Tanggal 8 Juli mengeluh demam, dan memeriksakan diri ke Puskesmas Ngrandu. Hasil rapid test reaktif dan PCR positif. Sementara ini hasil tracing terdapat 2 orang kontak erat selama di rumah, dan selanjutnya akan diambil swab untuk pemeriksaan PCR.

“Pertambahan kasus hanya dapat kita kendalikan dengan cara kita tingkatkan kedisiplinan, kewaspadaan, saling menjaga dan saling mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,”terangnya.

Data kasus Covid-19 di Ponorogo perhari ini terdapat 130 kasus dengan rincian sembuh 69 orang, meninggal 4 orang, isolasi 57 orang.

Dari total 130 itu, terdiri dari kelompok Gontor 2 sebanyak 43 orang (sembuh 21), Riwayat Surabaya 23 (sembuh 10), Temboro 13 orang (11 sembuh), Ronowijayan ada 13 orang (sembuh 5), PPIH Sukolilo ada 8 (sembuh 8), Panjeng ada 4 (sembuh 2), lain-lain 26 (sembuh 12). (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here