JAKARTA-Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar malam penganugerahan untuk 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila tahun 2020, Sabtu sore ini (29/8) mulai pukul 18.30.

Apresiasi prestasi Pancasila ini termasuk 5 kategori yaitu kategori olahraga, seni budaya, sains dan teknologi enterpreneur dan lintas iman dengan kriteria warga Indonesia yang melaksanakan, menginspirasi dan konsisten melakukan Pancasila dalam tindakan.

Tak pernah disangka sebelumnya, Eko Mulyadi, Kepala Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur, masuk dalam nominasi Ikon Prestasi Pancasila, kategori Social Entrepreneur.

Masuknya Eko Mulyadi menjadi salah satu nominasi ini tak lepas dari prestasi dan kemampuannya dalam memajukan dan memberdayakan desanya. Desa dengan sejumlah warganya yang mengalami tuna grahita, mampu disulap menjadi warga desa yang produktif dan bahkan mandiri. Dengan telaten, Eko Mulyadi memberikan berbagai bentuk pelatihan dan pembinaan pada warganya yang menderita tuna grahita agar mampu mandiri dan memiliki penghasilan.

“Saya sempat kaget, ketika tiba – tiba dihubungi oleh tim dari BPIP yang mengabarkan kalau saya masuk nominasi Ikon Prestasi Pancasila, karena sebelumya saya juga tidak pernah mendaftarkan diri,”kata Eko Mulyadi, Kepala Desa Karangpatihan, saat dihubungi wartawan.

Ia merasa terharu, karena tidak pernah terbayangkan sama sekali, bisa terpilih sebagai ikon prestasi pancasila tahun 2020 bersama tokoh-tokoh nasional seperti bu Susi puji astuti, Andrea hiratta, Reza Rahadian, Christian Hadinata, dan sebagainya.

“Saya berterimakasih kepada BPIP dan Seluruh masyarakat Indonesia atas kepercayaannya, ini akan menjadi penyemangat bagi saya untuk turut serta mengamalkan nilai – nilai pancasila dalam kehidupan sehari – hari dan dalam konteks pembangunan masyarakat didesa,”katanya.

Sementara dalam Sambutannya Megawati Soekarnoputri mengatakan, sungguh ini menjadi kabar yang membahagiakan. Penghargaan Prestasi Pancasila tahun 2020, diberikan kepada 75 icon baik perorangan ataupun kelompok, yang terpilih karena menjalankan Pancasila dalam tindakan, memiliki perilaku teladan dan menginspirasi masyarakat juga generasi muda.

“Mereka terpilih karena memiliki prestasi nasional dan internasional, sebagai penggerak lintas iman, sains dan teknologi, olah raga, seni budaya dan sosial entrepreneur,”katanya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here