PONOROGO-Tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh warga Jl Ontoseno Gang 1, Kelurahan Kepatihan, Ponorogo, jika harus menjalani uji Swab Covid-19.

Sedikitnya 40 warga termasuk ada balita didalamnya, menjalani Test Swab yang digelar Tim Gugus Covid-19, Rabu pagi (7/10).

Tes Swab itu digelar lantaran ada salah satu warga yang melahirkan beberapa hari yang lalu. Setelah melahirkan, puluhan warga sekitar melaksanakan jagong bayi. Namun, ibu bayi tersebut ternyata dinyatakan terconformasi Covid-19, setelah dilakukan pemeriksaan oleh RSUD DR Hardjono Ponorogo.

Atas hasil terconfirmasi Covid-19 itulah, akhirnya pihak gugus tugas melakukan tes Swab pada warga dan keluarga yang melakukan kontak langsung dengan ibu bayi tersebut.

Sudarmaji, tokoh masyarakat setempat mengatakan, hari ini ada 40 orang yang dites Swab oleh pihak dinas kesehatan Ponorogo. “Besok (Kamis) juga dilakukan tes Swab lagi,”terangnya.

Ia juga berharap, agar warga mentaati protokol kesehatan dan melaksanakan isolasi mandiri, hingga hasil Swab keluar. “Kita tunggu hasil swabnya, dan besok masih akan ada lagi,”katanya.

Sementara Dr. Hermansyah, Kabid Layanan Kesehatan Dinkes Ponorogo mengatakan ada wanita yang melahirkan dan pada saat itu memang belum diketahui terconfirm Covid19.

“Kemudian tetangga pada jagong bayi sehingga pada saat hasil swab itu keluar, maka yang jagong bayi itu semua di tracing dan setelah kami lacak itu didapatkan lebih kurang 51 orang yang hari ini akan kami swab secara masal. Dari 51 orang ini ada 7 balita selebihnya dewasa. Jadi hari ini kami akan swab kemudian besuk akan kita swab yang kedua kalinya,”pungkasnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here