Kam. Feb 25th, 2021

Jarrak POS

Besama Membangun Bangsa

Proses Dugaan Keterlibatan Kades Dalam Kampanye Telah Dilimpahkan Ke Polres

2 min read

PONOROGO-JARRALPOSAJTIM-Setelah melalui proses panjang, akhirnya Laporan terkait dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang melibatkan Kepala Desa pada salah satu pasangan calon ditindaklanjuti.

Saat ini proses penyelidikan oleh Bawaslu, telah ditingkatkan menjadi penyidikan, hal itu membuat dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu itu dilimpahkan ke Polres Ponorogo.

Laporan itu sendiri berawal dari Masyarakat yang melaporkan beberapa Kades di wilayah Kecamatan Jetis yang diduga ikut dan datang dalam Kampanye salah satu pasangan calon pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo.

Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Sulung Muna Rimbawan terkait kasus ini, kepada wartawan Selasa (20/10) mengatakan, jadi yang kepala desa itu laporannya bukan kampanye, akan tetapi terkait dengan foto, kemudian diduga melakukan kampanye. Kemudian Bawaslu melakukan serangkaian pemeriksaan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada.

“Bawaslu bersama Gakumdu memutuskan hal itu untuk dilanjutkan pada proses tahapan selanjutnya, yaitu pada tahap penyidikan, dan tahapan penyidikan ini berada di Polres Ponorogo. Untuk terkait perkembangannya masih dalam tahap penyidikan, jadi dalam pantauan kami,”lanjut Sulung.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Ponorogo ini juga menjelaskan, pihak Polres Ponorogo akan mengumpulkan keterangan dan pemeriksaan lanjutan, setelah itu kemudian akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Ponorogo. “Kemudian di Kejaksaan ini seperti apa itu akan kita lihat saja prosesnya seperti apa. Artinya ketika tahapan ini sudah sampai pada tahapan penyidikan, maka diduga sudah ada pelanggaran pidana yang dilakukan,”jelasnya.

Sulung juga mengungkapkan pihaknya sudah banyak memintai keterangan terkait hal tersebut. “Saya tidak ingat berapa orang yang dimintai keterangan, karena saya juga tidak menghitung karena sudah banyak sekali. Diantaranya Pelapor, saksi dan ada 14 Kades dan kemudian ada anggota Dewan yang saat itu juga dimintai keterangan,”ungkapnya.

Sejauh ini, proses penyidikan di Polres Ponorogo telah berjalan. Sepanjang pantauan media, pelapor telah dimintai keterangan dilanjutkan saksi. (Dedy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *