PONOROGO-JARRAKPOSJARIM-Setelah dilantik Presiden RI, Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung melakukan kunjungan kerja. Ponorogo menjadi pilihan mantan Walikota Surabaya untuk dikunjungi. Setelah melihat langsung LKS Ordo Rumah Kasih Sayang, di Desa Krebet, kecamatan Jambon, Tri Rismaharini melanjutkan lingkungannya di Rumah Harapan yang terletak di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Ponorogo, Minggu Siang (27/12).

Didesa yang dipimpin Eko Mulyadi itu, Menteri Sosial mengapresiasi kegiatan pemberdayaan perekonomian bagi warga yang menderita disabilitas. Eko Mulyadi, Kepala Desa Karangpatihan yang menjadi inisiator pemberdayaan ekonomi, menunjukan langsung proses pembuatan batik ciprat, proses pembuatan keset dan kerajinan tangan hingga kegiatan pemberdayaan lainnya seperti peternakan dan perikanan yang mendukung peningkatan perekonomian warga setempat.

Bahkan, Risma, sapaan akrab Menteri Sosial, sempat berdiskusi soal peternakan ayam Jawa yang menjadi salah satu andalan warga penderita Disabilitas. “Ini sangat bagus untuk dikembangkan, sehingga warga mendapat hasil untuk meningkatkan perekonomian. Hal ini juga pernah diterapkan di Surabaya,”kata Mensos.

Setelah melihat langsung pemberdayaan masyarakat, Menteri Sosial memberikan bantuan pada warga Karangpatihan. Selain sembako, juga diberikan alat peraga edukasi, kursi roda, APD dan beberapa jenis bantuan lainnya.

Sementara, Eko Mulyadi Kepala Desa Karangpatihan mengatakan Kunjungan Menteri Sosial merupakan kehormatan bagi seluruh warga. “Kita ucapkan terima kasih atas kunjungan dan pemberian bantuan dari Ibu Risma bagi warga Karangpatihan,”katanya.

Kepala Desa dua periode itu juga mengatakan, Menteri Sosial diajak berkeliling untuk melihat kegiatan pemberdayaan perekonomian di desa Karangpatihan. “Seperti proses pembuatan batik, kerajinan tangan hingga peternakan,”tandasnya.

Kedepan, lanjut Eko Mulyadi, ada perhatian pemerintahan dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat dapat memberikan perhatian yang ekstra bagi warga Karangpatihan dalam rangka mensejahterakan masyarakat, terutama yang menderita disabilitas. “Kita sangat membutuhkan support dari pemerintah agar perekonomian warga Karangpatihan dapat meningkat,”katanya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here