PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Seusai acara serah terima jabatan Bupati Ponorogo di gedung DPRD, Sugiri Sancoko mengajak Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur memperkenalkan padi varietas unggul, Kamis sore (04/03).

Berada diarea persawahan yang terletak di Desa Semanding Kecamatan Kauman Ponorogo, orang nomor satu di Pemkab itu menjelaskan dengan detail jika varietas padi tersebut mampu meningkatkan hasil panen hingga mengurangi konsumsi pupuk. “Dengan keunggulan yang dimiliki, 1 hektar sawah yang ditanami varietas ini bisa mencapai 15 hingga 16 ton,”terang Sugiri Sancoko.

Lebih lanjut Sugiri mengatakan bahwa bersama timnya sudah mencoba varietas padi jenis itu di lima titik percontohan. “Salah satunya terletak di Desa Semanding ini dan belum ada namanya. Kami menyebut padi Kreasi Insan Petani atau KIP,”lanjutnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Ponorogo memiliki luas 34 ribu hektare sawah yang siap memproduksi padi. “Kebutuhan benihnya sekitar 870 ton, untuk itu kita perlu mengembangkan padi varietas unggul seperti ini untuk menjawab kegelisahan petani di Ponorogo,”pungkasnya. (Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here