PONOROGO-JARRAKPODJATIM-Wakil Bupati Ponorogo, Lisdysrita menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan ketrampilan batik ecoprint bagi Koperasi yang diselenggarakan Dinas Perdagkum di Kantor Dekopin, Selasa pagi (23/3).

Dalam keterangannya, Wabup Lisdyarita mengatakan batik ecoprint diharapkan dapat meningkatkan ekonomi bagi koperasi dan masyarakat Ponorogo. Selain itu, batik ecoprint juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung di Ponorogo.

“Batik ecoprint bisa menambah perekonomian bagi koperasi dan masyarakat, jika ditekuni dan dilakukan dengan semangat dalam memproduksi ketrampilan rumahan ini. Ecoprint juga bisa jadi daya tarik pariwisata jika dibangun sentra-sentra produksi ecoprint di Ponorogo,”katanya saat membuka pelatihan membatik ecoprint.

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alam seperti daun dan bunga. Ecoprint akan menghasilkan batik yang tak kalah kualitasnya dengan batik canting.

“Teknik ecoprint mulai menjadi tren yang terbilang unik dan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan disekitar kita sebagai sumber pola, juga warna bahan-bahan ini berasal dari bunga, daun, batang dan bagian tumbuhan yang lain, Untuk itu diperlukan pelatihan pelatihan agar peserta semakin terampil dan kreatif,” tuturnya.

Pada pelatihan ini, para peserta akan belajar tentang seluk beluk teknik dasar Ecoprint, mengenal daun, bunga, dan bagian tumbuhan apa saja yang bisa mengeluarkan warna, mengkomposisikan daun, serta mengetahui logika lipatan kain.

Lisdyarita berharap, membatik dengan bahan baku alam ini bukan hanya pada saat pelatihan ecoprint saja, namun para peserta bisa terus mengembangkan keterampilannya. Batik berbahan alam atau ecoprint ini diyakininya bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi bagi koperasi dan masyarakat.

“Semoga peserta bisa menerapkan di masing-masing lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Bentuk kelompok-kelompok untuk mengembangkan batik ecoprint,” harapnya.

Ia juga menambahkan, pengembangan batik ecoprint ini tidak akan berhenti pada pelatihan saja. Setelah ini, pihaknya juga akan memberikan pendampingan bagi para peserta agar usaha ecoprint dapat terus tumbuh berkembang dan berkelanjutan,”pungkasnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here