PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Ponorogo melakukan berbagai inivasi. Diantaranya membuat nota kesepahaman kerjasama pengembangan budidaya hortikultura melalui penanaman perdana pisang cavendish yang berorientasi ekspor di Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Sabtu (3/4/2021).

Penanaman perdana tersebut selain dihadiri Bupati Ponorogo dan Bupati Blitar juga dihadiri Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian,CEO PT. GGF (Great Giant Food), Dinas Pertanian Provinsi, Dinar Pertanian Ponorogo, OPD serta perwakilan dari Kabupaten lain.

Sebelum dilakukan penyerahan bibit tanaman pisang secara simbolis oleh Sesmenko kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko diiringi dengan tarian sambutan oleh warga masyarakat sekitar. Usai peneyerahan bibit dilanjutkan penanaman secara simbolis.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, S.E., M.E mengatakan upaya kerjasama tersebut untuk membantu masyarakat petani Ponorogo menghasilkan pisang yang bagus untuk diekspor.

“Ekspor keuntungan untuk petani, Karena kalau petani sendiri yang ekspor belum tentu ketemu marketnya, kedua logistik belum tentu sanggup untuk menanggungnya,” jelas Sesmenko Susiwijono.

Ia mengungkapkan komiditi pisang hingga saat ini memiliki jaminan pasar dan jaringan pemasaran di berbagai negara. Hal itu menjadi kesempatan untuk petani Blitar dalam menggeluti komoditas tanaman hortikultura tersebut.

Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan dengan potensi pengembangan seluas 2 hektar yang saaat ini di lahan Desa Pulung Kecamatan Pulung dan semoga nanti bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo,”pungkasnya.(ADV/Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here