PONOROGO-JARRAKPOSJATIM-Kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di desa Mrican, kecamatan Jenangan Ponorogo dinilai sudah tak layak lagi menampung sampah. Apalagi produksi sampah setiap hari semakin besar seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo, Sapto Djatmiko, TPA Mrica sudah waktunya dibenahi dan perlu untuk dipindahkan. “Program kita ditahun 2022, adalah mendapatkan lahan pengganti untuk TPA Mrican,”tandasnya, saat dikonfirmasi kemarin (5/5).

Dengan luas 1,8 hektar, lanjut Sapto Djatmiko, TPA Mrican sudah digunakan selama 10 tahun. “Saat ini timbunan sampah sudah menggunung, sehingga tidak bisa ditunda untuk mencari lahan penggantinya,”terangnya.

Disisi lain, katanya, untuk menanggulangi masalah sampah, kini Desa dan Kecamatan akan memiliki tanggung jawab terkait kebersihan wilayahnya masing masing.

“Diperkenankan Anggaran desa bisa digunakan untuk pengelolaan sampah, seperti pembuatan bak sampah dan berbagai peralatan lainnya. Sangat menguntungkan bagi pemerintah daerah. Di samping itu perlu kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,”pungkasnya.(Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here