PONOROGO-Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mempunyai gagasan dalam pengololaan sampah di TPA Mrican, Jenangan yang saat ini sudah mengalami overlaod.

Bersama Wabup Lisdyarita beserta Sekda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup serta sejumlah OPD berkesempatan mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mrican.

Bupati Sugiri mengatakan masalah sampah yang menggunung di TPA Mrican ini harus ada solusi, misal sampah yang datang puluhan ton dan yang bisa digunakan hanya beberapa ini akan menjadi tidak seimbang. “Maka harus ada solusi untuk mengatasinya agar bisa menjadi manfaat dan memiliki nilai ekonomi,”lanjutnya, Selasa siang (1/6).

Di TPA yang berada di timur kota itu, rombongan melihat langsung kondisi tempat pembuangan akhir sampah. Termasuk, upaya pengolahan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.  “Sampah akan dipisahkan misal plastik, kertas atau risidu lainnya. Termasuk sampah akan diolah menjadi Pupuk organik dan bahan kertas maupun yang lain,”ujar Kang Giri.

Nantinya sampah sampah tersebut untuk di pilah mulai plastik bekas, kertas, sampah organik sehingga nantinya produk hasil olahan sampah yang dihasilkan dan bermanfaat. Seperti plastik hasil daur ulang sampah, pemilahan biji plastik, hingga kompos organik,kertas maupun yang lain dan bisa berguna untuk masyarakat.

“Sampah merupakan masalah di setiap daerah,maka dari itu Sampah yang menggunung di TPA Mrican nantinya dapat dipilah dan mudah mudahan akan berhasil serta bisa dimanfaatkan,”katanya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sapto Djatmiko menambahkan, pengelolaan sampah sangat bermanfaat diberbagai hal, termasuk dari sisi ekonomis, “Memang TPA Mrican ini sudah over kapasitas. Bahkan kita merencanakan akan mencari lahan baru. Dan pengelolaan sampah ini sangat baik,”pungkasnya.Dedy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here